Banner 468 x 60px

 

Jumat, 31 Maret 2017

Definisi Jihad

0 komentar

*Bagian Pertama*

*Pesan Syaikh Muhammad Ramadhan Al Buthy ttg Jihad:*

1. Setiap muslim harus memiliki kapasitas yg baik dalam memahami hakikat jihad fi sabilillah.

2. Urgensi memahami jihad ini, lebih didorong karena musuh musuh islam berupaya menghapus nilai nilai jihad islam dgn slogan jihad juga.

3. Slogan jihad yg salah berkembang pesat di Negara Negara islam (oleh kelompok takfiri minoritas) untuk merusak Citra jihad islam yg mulia. Dgn tujuan agar muslim (mayoritas) antipati/muak dgn kalimat jihad.

4. Musuh musuh islam mengetahui bahwa konsep jihad yg benar jika diterapkan di tengah masyarakat muslim, maka mereka tak akan terkalahkan. Maka dibuatlah makar / tipu daya agar ajaran jihad terlihat mengerikan.

5. PBB, amerika dan Israel memiliki kepentingan agar proyek ini berjalan, sehingga Negara Negara arab dan islam lainnya membuat satuan anti terorisme dgn berbagai jenis nama dan gerakan dan di biayai oleh mereka.

6. Tantangan global ini harus dijawab dgn cerdas dan se ilmiah mungkin. Yaitu dgn mempelajari makna hakikat jihad fi sabilillah.
[31/3 23.44] Yasir Muhtar: *Bagian Kedua*

*Pesan Syaikh Muhammad Ramadhan Al Buthy ttg Jihad:*

1. Apakah fenomena yg timbul dgn munculnya dan membesarnya gerakan "jihad" di sinai, Suriah, afghanistan, Irak, somalia adalah jihad yg benar? Dgn banyaknya korban dari kaum muslimin sendiri?

2. Jika anda menjawab "iya" maka kita telah mensalahkan Firman Allah Swt surat al an'am:
قل هو القادر على أن يبعث *عليكم عذابا* من فوقكم أو من تحت أرجلكم أو *يلبسكم شيعا* و *يذيق بعضكم بأس بعض* انظر كيف نصرف الآيات لعلهم يفقهون
Istidlal dari ayat diatas adalah: bahwa Allah swt menurunkan hukuman bagi ummat islam dgn membuat mereka berpecah belah, dan saling menghabisi satu sama lain.

3. Jika anda menjawab "iya" maka kita telah mendustai sabda Rasulullah saw dlm banyak hadist bahwa beliau meminta agar umat islam tidak dihancurkan dari dalam (terpecah belah) tetapi Allah swt tidak mengkabulkan nya.
Istidlal dari hadist diatas: Allah swt tidak menghancurkan umat islam seperti umat sebelumnya, dgn banjir, angin dll. Juga tidak dgn di kuasai oleh musuh islam, tetapi islam dihancurkan dgn saling memerangi saudara seiman.

4. Dalil aqli: kelompok kelompok jihad mengebom rs, madrasah dan fasilitas umum. Banyak sipil muslim yg sdh menjadi korban atau mengungsi mati dilautan atau ditawan oleh Negara Negara eropa dll Bukan kah ini yg dimaksud "و يلبثكم شيعا و يزيق بعضكم بأس بعض"

5. Jumhur ulama sepakat bahwa gerakan gerakan jihadis yg membunuh sesama muslim disebabkan kurangnya (bodoh) pemahaman mereka ttg konsep jihad islam yg sebenarnya.
[1/4 00.14] Yasir Muhtar: *Bagian Ketiga*

*Pesan Syaikh Muhammad Ramadhan al Buthy ttg Jihad:*

1. Muslim harus mengerti konsep piramida jihad yg sederhana, agar dapat melihat diskursus ini dgn sempurna. Untuk itu dibutuhkan metode yg tepat dalam observasi dalil dan beristidlal.

2. Jihad tidak dimaksudkan untuk satu makna yaitu perang saja. Secara etimologi bahwa seluruh usaha yg dikeluarkan secara sungguh sungguh untuk menegakan kalimat Allah adalah Jihad Fisabilillah!

4. Dalil aqli: pada masa fase Makkah tidak pernah terjadi jihad dalam arti perang. Apakah ada kalimat jihad pada saat itu?  Jawabnya cukup mengejutkan!  Pada fase makkah kalimat jihad sdh dikenal oleh kaum muslimin.

5. Dalil naqli:
1. surat al furqan (makiyyah)
ولا تطع الكافرين و جاهدهم به *جهادا كبيرا*ً (معناه الصبر و والتمكين)

2. Surat al ankabut (makiyyah)
والذين *جاهدوا* فينا لنهدينهم سبلنا

3. Sabda rasulullah saw :
*أفضل الجهاد* كلمة حق عند سلطان جائر (رواه جمع من الرواة)

Istidlal: kalimat jihad banyak digunakan pd surat surat makiyyah yg mana pada saat itu belum ada jihad dalam arti perang besar. Maka jihad memiliki makna umum tdk terbatas pd perang seperti apa yg diyakini oleh jihadis modern abad ini.

5. Lihat dalil dalil dan renungilah.. Baru dapat tergambar dgn jelas bagaimana piramida jihad:

Jadi mana ungkapan yg benar??
"Dakwah (jihad bil lisan dll) dan melindungi dakwah sebagai dasar berperang"
Ataukah..
"Perang (jihad dengan senjata) sebagai dasar baru mulai berdakwah kemudian"

Mana yg benar?
"Kita langsung menyerang kafir kemudian berdakwah setelah mereka takut"
Ataukah..
"Kita berdakwah dulu, terserah mereka menerima atau tidak, dan jika eksistensi dakwah terancam baru berperang"

6. Dgn dasar dasar ini anda akan dapat memahami esensi jihad islam sesungguhnya..  Selamat menantikan kajian selanjutnya

SYAIKH AS SYAHID MUHAMMAD SAID RAMADHAN AL BUTHY

0 komentar:

Posting Komentar