Banner 468 x 60px

 

Rabu, 09 Juli 2014

Makalah Analisis Kesalahan Bahasa Arab dalam bidang sintaksis (Af'aluk Khamsah)

0 komentar
Analisis Kesalahan dalam menerapkan konsep Af’alul Khamsah dalam Kalimat  
Makalah Mata Kuliah Akon dan Akes
Dosen Pengampu : Prof. DR. Yumna Rasyid, M.Pd


Oleh :
Muhammad Sonang Siregar
2715116196

FAKULTAS BAHASA DAN SENI
JURUSAN BAHASA DAN SASTRA ARAB
UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA
2014



KATA PENGANTAR


Puji syukur kami panjatkan ke-Hadirat Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa  yang telah memberikan rahmat serta hidayah-Nya,  sehingga penyusunan makalah Analisis Kesalahan ini dapat kami selesaikan.
Makalah ini kami susun sebagai tugas dari mata kuliah Analisis Kontrastif dan Analisis Kesalahan dengan judul Kesalahan Mahasiswa dalam menerapkan Konsep Af’alul Khamsah dalam kalimat (Analisis Kesalahan Kajian Sintaksis).
Terima kasih kami sampaikan kepada Ibu Prof. DR. Yumna Rasyid, M.Pd., selaku dosen mata kuliah Analisis Kontrastif dan Analisis Kesalahan yang telah membimbing dan memberikan kuliah demi terselesainya tugas makalah ini.
Demikianlah tugas makalah ini kami susun, semoga makalah ini dapat memenuhi tugas mata kuliah Analisis Kontrastif dan Analisis Kesalahan. Dan semoga bermanfaat bagi kita semua, khususnya bagi mahasiswa jurusan Bahasa dan Sastra Arab Universitas Negeri Jakarta yang mengikuti perkuliahan Analisis Kontrastif dan Analisis Kesalahan.




                                                                                              Jakarta, 1 Juni 2014

                                                                                                           
                                                                                  Penulis




BAB I
PENDAHULUAN
1.1. Latar Belakang Masalah
Bahasa merupakan alat komunikasi yang ampuh untuk mengadakan hubungan dan kerja sama. Hampir seluruh aktivitas kegiatan manusia berhubungan dengan bahasa, manusia dapat mengekspresikan pikiran dan perasaannya. Peranan bahasa sebagai alat interaksi sosial sangat besar. Hal ini disebabkan tidak ada kegiatan manusia berlangsung tanpa kehadiran bahasa itu. Bahasa muncul dan diperlukan dalam segala kegiatan seperti pada bidang pendidikan, keagamaan, bidang perdagangan, bidang politiki, bidang militer, bidang kebudayaan, bidang sosial dan lain-lain.
Orang yang biasa menggunakan dua bahasa atau lebih secara bergantian untuk tujuan yang berbeda merupakan agen pergontak dua bahasa. Semakin besar jumlah orang yang seperti ini, maka semakin intensif pula kontak antara dua bahasa yang mereka gunakan. Kontak ini menimbulkan saling pengaruh, yang manifestasinya menjelma didalam penerapan kaidah bahasa pertama (B1) didalam penggunaan bahasa kedua ( B2 ). Keadaan sebaliknya pun dapat terjadi didalam pemakaian sistem B2, pada saat penggunaan B1. Salah satu dampak negatif dari praktek penggunaan dua bahasa secara bergantian adalah terjadinya kekacauan pemakaian bahasa, yang lebih dikenal dengan istilah interferensi (Khairul Matien : 2-3).
Sebagai seorang calon guru khususnya guru Bahasa Indonesia sering kita menjumpai kesalahan-kesalahan yang dilakukan oleh para siswa. Kesalahan-kesalahan yang dibuat oleh para siswa tersebut ternyata dapat dibagi kedalam 2 kategori yaitu kategori kesalahan dalam bidang keterampilan yang meliputi menyimak, membaca, menulis dan membaca, serta kesalahan dalam bidang linguistik yang meliputi tata bentuk bunyi (fonologi), tata bentuk kata (morfologi), tata bentuk kalimat (sintaksis).
Fenomena-fenomena bahasa yang memiliki kesalahan, salah satunya adalah kesalahan dalam sintaksis, namun kasus kesalahan dalam sintaksis berbeda-beda, fenomena yang akan dianalisis kali ini adalah tentang pengertian Af’alul Khamsah beserta I’rabnya
1.2. Identifikasi Masalah
1.      Apa hakikat Analisis Kesalahan ?
2.      Apa hakikat Sintaksis ?
3.      Apa pengertian Af’alul Khamsah ?
4.      Bagaimana perubahan i’rab dalam Af’alul Khamsah ?
5.      Bagaimana bentuk-bentuk Kesalahan mahasiswa dalam menerapkan konsep Af’alul Khamsah dalam kalimat ?
1.3. Pembatasan Masalah
Berdasarkan identifikasi masalah, penelitian yang dilakukan penyusun merupakan penelitian dengan masalah yang luas, namun karena keterbatasan waktu, maka masalah dibagi menjadi
1.      Apa pengertian Af’alul Khamsah ?
2.      Bagaimana perubahan i’rab dalam Af’alul Khamsah ?
3.      Bagaimana bentuk-bentuk Kesalahan mahasiswa dalam menerapkan konsep Af’alul Khamsah dalam kalimat ?

1.4. Rumusan Masalah
Agar permasalahan yang akan dibahas menjadi terarah dan menuju tujuan yang diinginkan, diperlukan adanya perumusan masalah, adapun permasalahan yang akan dikaji dalam penelitian ini adlah sebagai berikut :
1.      Apa pengertian Af’alul Khamsah ?
2.      Bagaimana perubahan i’rab dalam Af’alul Khamsah ?
3.      Bagaimana bentuk-bentuk Kesalahan mahasiswa dalam memahami konsep Af’alul Khamsah ?
1.5. Tujuan Penelitian
1.      Untuk memenuhi tugas individu mata kuliah Analisis Kesalahan
2.      Untuk memahami lebih dalam tentang Af’alul Khamsah
3.      Untuk mengetahui kesalahan mehasiswa dalam memahami konsep Af’alul Khamsah
4.      Untuk mendapatkan solusi terbaik dalam mengatasi kesalahan-kesalahan tersebut




BAB II
KAJIAN TEORETIK
2.1. Pengertian Af’alul Khamsah
Af’alul Khamsah ialah lima fi’il mudhari’ yang disambung dengan dhamir tatsniyah (alif tatsniyah), atau dhamir jama’ muzakar salim (wawu jama’), atau dhamir muannats mukhatabah (nun jama’ niswah) mengikut wazan-wazan berikut:
يَفْعَلاَنِ – تَفْعَلاَنِ – يَفْعَلُوْنَ – تَفْعَلُوْنَ – تَفْعَلِيْنَ
WAZAH (POLA)
PENGERTIAN
DHAMIR
PENGERTIAN
يَفْعَلاَنِ
Dia berdua  (lelaki) sedang melakukan
هُمَا
Orang ketiga, dua orang lelaki.
تَفْعَلاَنِ
Engkau berdua (lelaki) sedang melakukan
أَنْتُمَا
Orang kedua, dua orang lelaki
Dia berdua (per.) sedang melakukan
هُمَا
Orang ketiga, dua orang perempuan
يَفْعَلُوْنَ
Mereka (lelaki) sedang melakukan
هُمْ
Orang ketiga jama’ lelaki
تَفْغَلُوْنَ
Kamu (lelaki) sedang melakukan
أَنْتُمْ
Orang kedua jama’ lelaki
تَفْعَلِيْنَ
Engkau (seorang per.) sedang lelakukan
أَنْتِ
Orang kedua, seorang perampuan          

1.      Fi’il Mudhari’ yang tersambung dengan Alif Tatsniyah terdapat 2 bentuk (berawalan huruf mudhara’ah Ya’ / Ta’ ) ada 4 penggunaan
2.      Fi’il Mudhari’ yang tersambung dengan Wau Jama’  terdapat 2 bentuk (berawalan huruf mudhara’ah Ya’ / Ta’) ada 2 penggunaan
3.      Fi’il Mudhari’ yang tersambung dengan Alif Tatsniyah terdapat 1 bentuk (berawalan huruf mudhara’ah Ta’) ada1 penggunaan

2.2. I’rab Af’alul Khamsah
Adapun I’rab af’alul khamsah ialah:
1.      Dirafa’kan dengan memakai Nun  ( مرفوع بِثبُوْتِ النُّوْنِ   ) 
2.      Dinashabkan dengan membuang Nun   ( مَنْصُوْب بِحَذفِ النُّوْنِ  )
3.      Dijazmkan dengan membuang Nun   ( مَجْزوْمُ بِحَذْفِ النوْنِ )
2.3. Lafazh-lafazh yang dirafa’kan dengan memakai Nun
Nun menjadi tanda bagi I’rab rafa’ iaitu pada fi’il mudhari’ yang bertemu dengan:
1.      Dhamir tatsniyah
2.      Dhamir jama’ muzakar
3.      Djamir muannats mukhatabah

FI’IL MUDHARI’
(MARFU’)
DHAMIR
HUKUM
يَفْعَلاَنِ
هُمَا = ( اَنِ ) = Dhamir tatsniyah

مَرْفُوْعْ بِثُبُوْتِ النُّوْنِ
Marfu’ dengan memakai Nun
تَفْعَلاَنِ
أَنْتُمَا = ( اَنِ ) = Dhamir tatsniyah
يَفْعَلُوْنَ
هُمْ = ( وْنَ ) = Dhamir jama’ muzakar
تَفْعَلُوْنَ
أَنْتُمْ ( وْنَ ) = Dhamir jama’ muzakar
تَفْعَلِيْنَ
أَنْتِ = ( يْنَ ) = Dhamir muannats
mukhatabah

2.4. Lafazh-lafazh yang dinashabkan dengan membuang Nun
            Membuang Nun menjadi alamat bagi I’rab nashab pada af’alul khamsah yang dirafa’kannya dengan memakai Nun tetap.
FI’IL MUDHARI’
(MARFU’)
HURUF NASHAB
FI’IL MUDHARI’
(MANSHUB)
HUKUM
يَفْعَلاَنِ
اَنْ
اَنْ يَفْعَلاَ

مَنْصُوْبْ بِحَذْفِ النُّوْنِ
Manshub dengan membuang Nun
تَفْعَلاَنِ
اَنْ
اَنْ تَفْعَلاَ
يَفْعَلُوْنَ
اَنْ
اَنْ يَفْعَلُوْا
تَفْعَلُوْنَ
اَنْ
اَنْ تَفْعَلُوْا
تَفْعَلِيْنَ
اَنْ
اَنْ تَفْعَلِى

2.5. Lafazh-lafazh yang dijazmkan dengan dengan membuang Nun
Membuang itu menjadi tanda bagi I’rab jazm pada af’alul khamsah yang dirafa’kannya dengan Nun tetap.
FI’IL MUDHARI’
(MARFU’)
HURUF JAZM
FI’IL MUDHARI’
(MAJZUM)
HUKUM
يَفْعَلاَنِ
لَمْ
لَمْ يَفْعَلاَ

مَجْزُوْمُ بِحَذْفِ النُّوْنِ
Majzum dengan membuang Nun
تَفْعَلاَنِ
لَمْ
لَمْ تَفْعَلاَ
يَفْعَلُوْنَ
لَمْ
لَمْ يَفْعَلُوْا
تَفْعَلُوْنَ
لَمْ
لَمْ تَفْعَلُوْا
تَفْعَلِيْنَ
لَمْ
لَمْ تَفْعَلِى




BAB III
METEDOLOGI PENELITIAN
Dalam bab ini akan dipaparkan mengenai tujuan penelitian, tempat, dan waktu penelitian, metode, penelitian, populasi dan sampel, instrumen, penelitian, teknik pengumpulan data, serta kisi-kisi soal.
3.1.Tujuan Penelitian
Tujuan khusus dalam penelitian ini adalah untuk memperoleh data empiris mengenai bentuk- bentuk kesalahan, besar prosentase kesalahan, dan faktor penyebab kesalahan dalam memahami konsep Af’alul Khamsah  yang terjadi pada bebrapa mahasiswa Jurusan Bahasa dan Sastra Arab Universitas Negeri Jakarta , JakartaTimur.
3.2. Tempat dan Waktu Penelitian
Penelitian ini dilaksanakan diJurusan Bahasa dan Sastra Arab Universitas Negeri Jakarta, JakartaTimur. Dan penelitian ini, dilakukan pada tanggal 28 Mei 2014.
3.3.Metode Penelitian
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif berupa analisis kesalahan. Pertama-tama kesalahan dikumpulkan, lalu  diidentifikasi, kemudian diklasifikasikan dan diprosentasekan data-data kesalahan dalam penentuan kata kerja dari segi waktu yang sesuai dengan kata gantinya, kemudian dianalisis.
3.4. Populasi dan Sampel
Populasi penelitian ini adalah beberapa mahasiswa mahasiswa Jurusan Bahasa dan Sastra Arab Universitas Negeri Jakarta, JakartaTimur. Sedangkan sampel yang digunakan adalah sebanyak 20 orang.
3.5.Teknik Analisis Data
Teknik analisis data yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut :
1.      Mengumpulkan data berupa hasil tes mahasiswa.
2.      menganalisis kesalahan-kesalahan yang terdapat dalam setiap jawaban.
3.      Mencatat kesalahan-kesalahan yang ditemukan.
4.      Mengklasifikasikan kesalahan-kesalahan dalam setiap kelompok jenis kesalahan yang telah ditentukan.
5.      Menghitung frekuensi dan prosentase kesalahan tersebut.



3.6.Kisi-kisi soal
No Unit
Kompetensi Dasar
Indikator
Jumlah Soal
1.       
Memahami Konsep Af’alul Khamsah
Definisi Af’alul khamsah
1 buah ( Butir soal no 1)


Mentukan macam-macam dhomir Af’alul Khamsah
2 buah ( Butir soal no 2 dan 3 )


Mengetahui Contoh-contoh Af’alul Khamsah
3 buah ( Butir soal no 4,5 dan 6)
2.       
Memahami Konsep I’rab Af’alul Khamsah
Mengetahui tanda-tanda I’rab Af’alul Khamsah
4 buah ( Butir soal no 7,8,9, dan 12 )


Mengetahui Perubahan I’rab dalam Af’alul Khamsah
2 buah ( Butir soal no 10 dan 11)
3.       
Mengaplikasikan dalam kalimat
Mampu memberikan contoh Af’alul Khamsah dengan dhamir tatsniyah
1 buah ( Butir no 13 )


Mampu memberikan contoh Af’alul Khamsah dengan dhamir jama’ muzakar salim
1 buah ( Butir soal no 14 )


Mampu memberikan contoh Af’alul Khamsah dengan dhamir muannats mukhatabah
1 buah ( Butir no 15 )

3.7.Instrumen Penelitian
Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah berupa angket soal (teks). Instrumen penelitian berjumlah 15  butir soal.

الف . أجب عن الأسئلة التالية بإجابة صحيحة !
1.     ما هي الأفعال الخمسة ؟
a.     كل ماضى اتصلت به ألف اثنين أو واو الجماعة أو ياء المخاطبة
b.     كل مضارع اتصلت به ألف اثنين أو واو الجماعة أو ياء المخاطبة
c.      كل أمر اتصلت به ألف اثنين أو واو الجماعة أو ياء المخاطبة
d.     كل مضارع اتصلت به نون النسوة
2.     عيّن نوع الضمير الذي يتصل بالأفعال الخمسة ؟
a.     هو
b.     هما
c.      أنا
d.     هي
3.     أذكر ثلاثة من الضمير الأفعال الخمسة ؟
a.     هما, أنتما, أنتم
b.     هما, أنا, هي
c.      أنتما, أنـتِ, نحن
d.     أنتَ, أنتما, أنتم
4.     عين جملة من الأفعال الخمسة فيما يأتي ؟
a.     تقرأ فاطمة الكتاب
b.     نحن نتعلم علم النحو في الجامعة
c.      أنتم تقولون مالا تفعلون
d.     الأستاذ يشرح الدرس في الفصل
5.     رأيت الأستاذ يشرح الدرس و الطلاب يهتمّون شرحه " عيّن فعلا من الأفعال الخمسة السابقة ؟
a.     رأيت
b.     يشرح
c.      يهتمّون
d.     شرح
6.     عيّن جملة من الأفعال الخمسة الآتية ؟
a.     يذهب الطلاب إلى المدرسة
b.     نذهب إلى المدرسة
c.      تذهب زينب إلى المدرسة
d.     الطلاب يذهبون إلى المدرسة
7.     بيّن علامات الإعراب من الأفعال الجمسة ؟
a.     ترفع بثبوت النون, و تنصب و تجزم بحذف النون 
b.     تنصب بثبوت النون, و ترفع و تجزم بحذف النون 
c.      تجزم بثبوت النون, وترفع و تنصب بحذف النون 
d.     ترفع بحذف النون, وتنصب و ترفع بثبوت النون
8.     إن تعملوا تؤجّروا " بيّن علامة الإعراب من الأفعال الخمسة السابقة ؟
a.     ترفع بثبوت النون
b.     تنصب بثبوت النون
c.      تجزم بحذف النون 
d.     تجزم بثبوت النون
9.     العمّال لن يشتغلوا بعملهم " بين علامة الإعراب من الإفعال الخمسة السابقة ؟
a.     ترفع بثبوت النون
b.     تنصب بحذف النون
c.      تجزم بحذف النون 
d.     تجزم بثبوت النون
10.                        الوالدان ... على الأقدام " املأ الفراغ السابقة ؟
a.     يمشيا
b.     يمشين
c.      يمشيان
d.     يمشون
11.                        الطلاب لم ... لمقابلة الإمتحان " املأ الفراغ السابقة ؟
a.     يستعدّوا
b.     يستعدّون
c.      يستعدّين
d.     يستعد
12.                        التجار لم يربحوا هذا العام " بيّن علامة الإعراب من الأفعال الخمسة السابقة ؟
a.     ترفع بثبوت النون
b.     تنصب بثبوت النون
c.      تجزم بحذف النون 
d.     تجزم بثبوت النون
الباء . اجعل جملة من العناصر الآتية
1.    جملة إسمية فيها من فعل مضارع مرفوع متصل بألف الإثنين ...
2.    جملة إسمية فيها من فعل مضارع مرفوع متصل بواو الجماعة ...
3.    جملة إسمية فيها من فعل مضارع مرفوع متصل بياء المخاطبة ...
3.8.            Kunci Jawaban
1.      B
2.      B
3.      A
4.      C
5.      C
6.      D
7.      A
8.      C
9.      B
10.  C
11.  A
12.  C
13.  هما يذهبان إلى المدرسة
14.  هم يذهبون إلى المدرسة
15.  أنت تذهبين إلى المدرسة



BAB IV
HASIL PENELITIAN
4.1.            Deskripsi Data Keseluruhan
Instrumen penelitian ini berjumlah 15 butir soal yang merupakan angket soal berbahasa Arab dan sampel penelitian berjumlah 20 orang mahasiswa. Jadi jumlah keseluruhan soal yang dikerjakan oleh mahasiswa adalah 300 butir soal. Dari jumlah 300 butir soal ditemukan beberapa kesalahan yang dilakukan oleh mahasiswa.
Jumlah dan prosentase kesalahan yang dilakukan mahasiswa dalam menerapkan Af’alul Khamsah dalam kalimat adalah sebagai berikut :
NAMA
JENIS SOAL
Ʃ Betul Permahasiswa
Ʃ Salah Permahasiswa
Pilihan Ganda
Menentukan
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
A
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
15
0
B
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
15
0
C
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
15
0
D
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
15
0
E
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
15
0
F
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
15
0
G
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
15
0
H
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
15
0
I
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
15
0
J
1
1
1
1
1
1
1
0
1
1
1
1
1
1
1
14
1
K
1
1
1
1
1
1
1
0
1
1
1
1
1
1
1
14
1
L
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
0
14
1
M
1
1
1
1
1
1
0
1
1
1
1
1
1
1
1
14
1
N
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
0
14
1
O
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
0
14
1
P
1
1
1
1
1
1
0
1
1
1
1
1
1
1
1
14
1
Q
0
0
0
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
0
11
4
R
0
1
0
1
1
1
0
1
1
0
0
1
1
1
1
10
5
S
1
0
0
1
0
1
1
1
1
0
1
0
1
1
1
10
5
T
1
1
0
1
0
1
0
0
1
1
0
0
1
1
1
9
6
Ʃ Betul Perbutir Soal
18
18
16
20
18
20
16
18
20
18
18
18
20
20
15
273
27
Ʃ Salah Perbutir Soal
2
2
4
0
2
0
4
3
0
2
2
2
0
0
5

Adapun untuk menentukan persentase dari setiap jenis kesalahan yang ada menggunakan rumus sebagai berikut :
Keterangan :
P          : Prosentase kesalahan yang dicari
ƩS        : Jumlah kesalahan yang dialami Mahasiswa
ƩB       : Jumlah ketidaksalahan yang dialami Mahasiswa
Tingkat prosentase kesalahan :
0%       £  P <  20%     : sangat rendah
20%     £  P <  40%     : rendah
40%     £  P <  60%     : sedang
60%    £  P <  80%     : tinggi
80%     £  P <  100%   : sangat tinggi

Jumlah dan prosentase kesalahan mahasiswa dalam menggunakan Af’alul khamsah dalam kalimat. Berikut tabel posentase kesalahan :
Responden
Ʃ Jawaban Betul
Ʃ Jawaban Salah
Ʃ Betul + Ʃ Salah
Prosentase Kesalahan
Tingkat prosentase kesalahan
A
15
0
15
0%
Sangat Rendah
B
15
0
15
0%
Sangat Rendah
C
15
0
15
0%
Sangat Rendah
D
15
0
15
0%
Sangat Rendah
E
15
0
15
0%
Sangat Rendah
F
15
0
15
0%
Sangat Rendah
G
15
0
15
0%
Sangat Rendah
H
15
0
15
0%
Sangat Rendah
I
15
0
15
0%
Sangat Rendah
J
14
1
15
6,6%
Sangat Rendah
K
14
1
15
6,6%
Sangat Rendah
L
14
1
15
6,6%
Sangat Rendah
M
14
1
15
6,6%
Sangat Rendah
N
14
1
15
6,6%
Sangat Rendah
O
14
1
15
6,6%
Sangat Rendah
P
14
1
15
6,6%
Sangat Rendah
Q
11
4
15
26%
Rendah
R
10
5
15
33,3%
Rendah
S
10
5
15
33,3%
Rendah
T
9
6
15
40%
Rendah
Jumlah
273
27
300
9 %
Sangat Rendah


Keterangan :
Dari tabel di atas dapat diketahui terdapat 300 jawaban mahasiswa yang terdiri dari 273 jawaban yang benar dan 27 jawaban yang salah. Oleh karena itu dapat ditentukan prosentase kesalahan dari total keseluruhan mahasiswa yaitu 9% yang berada pada pada tingkat prosentase kesalahan Sangat Rendah. Dan kesalahan tertinggi terdapat pada seorang mahasiswa yang berada pada tingkat prosentase kesalahan 40 % (Rendah) dengan jumlah jawaban salah sebanyak 6 dari 15 butir soal, sedangankan kesalahan terendah mahasiswa terdapat pada mahasiswa yang berada pada tingkat prosentase kesalahan 0% ( Sangat Rendah) dengan jawaban yang salah tidak ada.
4.2.            Hasil Analisis Data
Penyajian bentuk-bentuk kesalahan dalam penggunaan Af’alul Khamsah dalam kalimat akan diuraikan menurut kategori kesalahannya terdiri dari :
No.
Kategori Kesalahan
Butir Soal
Jawaban Benar
Jawaban Salah
Jumlah Kesalahan
1
Definisi Af’alul khamsah
No 1
كل ماضى اتصلت به ألف اثنين أو واو الجماعة أو ياء المخاطبة
ü كل أمر اتصلت به ألف اثنين أو واو الجماعة أو ياء المخاطبة
ü كل مضارع اتصلت به نون النسوة

2
Total Kesalahan
2
Prosentase Kesalahan
10%

No.
Kategori Kesalahan
Butir Soal
Jawaban Benar
Jawaban Salah
Jumlah Kesalahan
2
Mentukan macam-macam dhomir Af’alul Khamsah
No 2 & 3
هما

ü هو
ü أنا

2
هما, أنتما, أنتم
ü  أنتَ, أنتما, أنتم
ü  هما, أنا, هي
4
Total Kesalahan
6
Prosentase Kesalahan
15%
No.
Kategori Kesalahan
Butir Soal
Jawaban Benar
Jawaban Salah
Jumlah Kesalahan
3
Mengetahui Contoh-contoh Af’alul Khamsah
No 4, 5 & 6
أنتم تقولون مالا تفعلون

0
يهتمّون
يشرح
2
الطلاب يذهبون إلى المدرسة

0
Total Kesalahan
2
Prosentase Kesalahan
3,3
No.
Kategori Kesalahan
Butir Soal
Jawaban Benar
Jawaban Salah
Jumlah Kesalahan
4
Mengetahui tanda-tanda I’rab Af’alul Khamsah
No 7,8,9 & 12
ترفع بثبوت النون, و تنصب و تجزم بحذف النون
ü تجزم بثبوت النون, وترفع و تنصب بحذف النون
ü تنصب بثبوت النون, و ترفع و تجزم بحذف النون

4
تجزم بحذف النون 
ü  تنصب بثبوت النون
ü ترفع بثبوت النون
3
تنصب بحذف النون

0
تجزم بحذف النون
ü  ترفع بثبوت النون
ü  تجزم بثبوت النون
2
Total Kesalahan
9
Prosentase Kesalahan
11,25%
No.
Kategori Kesalahan
Butir Soal
Jawaban Benar
Jawaban Salah
Jumlah Kesalahan
5
Mengetahui Perubahan I’rab dalam Af’alul Khamsah
No 10 & 11
يمشيان
يمشين
2
يستعدّوا
ü  يستعدّون
ü  يستعد
2
Total Kesalahan
4
Prosentase Kesalahan
10%
No.
Kategori Kesalahan
Butir Soal
Jawaban Benar
Jawaban Salah
Jumlah Kesalahan
6
Mampu memberikan contoh Af’alul Khamsah dengan dhamir tatsniyah
No 13
هما يذهبان إلى المدرسة

0
Total Kesalahan
0
Prosentase Kesalahan
0%
No.
Kategori Kesalahan
Butir Soal
Jawaban Benar
Jawaban Salah
Jumlah Kesalahan
7
Mampu memberikan contoh Af’alul Khamsah dengan dhamir jama’ muzakar salim
No 14
هم يذهبون إلى المدرسة

0
Total Kesalahan
0
Prosentase Kesalahan
%
No.
Kategori Kesalahan
Butir Soal
Jawaban Benar
Jawaban Salah
Jumlah Kesalahan
8
Mampu memberikan contoh Af’alul Khamsah dengan dhamir muannats mukhatabah
No 15
أنت تذهبين إلى المدرسة
ü  تشرح الدرس
ü  أنت ذهبت إلى المدرسة
ü  يكتب محمد الرسالة
ü  عسى

4
Total Kesalahan
4
Prosentase Kesalahan
20%
4.3.            Deskripsi Kesalahan
Setelah menganalisis data kesalahan di atas, dapat dirumuskan bahwa kesalahan yang terbanyak terdapat pada kategori memberikan contoh Af’alul Khamsah dengan dhamir muannats mukhatabah dengan prosentase kesalahan sebanyak 20% ( sangat rendah )
Dan Dapat dirumuskan pula bahwa penyebab dari kesalahan yang terjadi adalah kesalahan yang terjadi adalah kesalahan intralingual yaiu kesalahan yang disebabkan oleh kesulitan yang ada dalam bahasa target. Adapun sumber kesalahan itu adalah jarangnya penggunaan dhamir muannats mukhatabah dalam kalimat, karena pelajar bahasa target lebih cenderung menggunakan dhamir yang mudah menurutnya seperti dhamir أنت, أنا, نحن  sedangkan dhamir muannats mukhatabah jarang diaplikasikan, sehingga sukar bagi pelajar target menggunakannya dalam kalimat.



BAB V
PENUTUP
5.1.Kesimpulan
Berdasarkan penelitian yang kami lakukan maka dapat disimpulkan bahwa total kesalahan yang dilakukan  x 100 = 9%. Untuk prosentase kesalahan sebesar 0% £  P <20%     :  (sangat rendah) berarti siswa cukup mampu dalam menggunakan Af’alul Khamsah dalam kalimat. Dan kategori kesalahan terbanyak terdapat pada memberikan contoh Af’alul Khamsah dengan dhamir muannats mukhatabah dengan prosentase kesalahan sebanyak 20% ( sangat rendah ). Dan dapat disimpulkan bahwa penyebab kesalahan intralingual yaitu kesalahan yang disebabkan oleh kesulitan yang terdapat dalam bahasa target. Dan dalam penggunaan dhamir muannats mukhatabah dalam kalimat.
5.2.Saran
Dari hasil penelitian diketahui bahwa masih kurangnya mahasiswa dalam menerapkan Af’alul khamsah dalam kalimat. Oleh karena itu, diharapkan para mahasiswa lebih memahami konsep Af’alul khamsah baik dalam penggunaannya dalam kalimat maupun dalam penggunaannya dalam komunikasi sehari-hari.



Daftar Pustaka

علي الجارم , علم النحو ( فونوروكو : دار السلام 2005) ط 1 , ص 30 

0 komentar:

Posting Komentar