Banner 468 x 60px

 

Minggu, 08 Januari 2017

Adab dalam beribadah

0 komentar


Shalat dan membaca Alqur'an merupakan rutinitas yang tak pernah lepas bagi umat islam yang mengamalkannya. Ingatlah pesan Nabi :
Rasululloh Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda,
“Sesungguhnya Alloh menyukai bersin dan membenci menguap.
Oleh karena itu bila salah seorang dari kalian bersin lantas dia memuji Alloh, maka wajib atas setiap muslim yang mendengarnya untuk ber-tasymit kepadanya (mengucapkan “yarhamukallah”).

Adapun menguap, maka dia dari setan, bila seorang menguap hendaklah dia menahan semampunya. Bila seorang menguap sampai keluar ucapan ‘haaah’, setan akan menertawainya.”
(HR. Al-Bukhari no. 6223, HR. Muslim no. 2994)

Dan dari A’isyah Radhiyallahu ‘anha, bahwa Rasululloh Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda,
“Apabila kalian mengantuk ketika shalat, hendaknya dia tidur, sampai hilang kantuknya. Karena kadang ada orang yang shalat sambil ngantuk, mungkin dia hendak beristighfar, tapi mendoakan keburukan untuk dirinya.“
(HR. Muslim No. 1871, HR. Abu Daud No. 1312)

Dan juga, dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘anhu, Rasululloh Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda,
“Apabila kalian bangun malam, sehingga bacaan Al-Qurannya menjadi kacau, sampai dia tidak sadar apa yang dia baca, hendaknya dia tidur.”
(HR. Muslim 1872, HR. Ibnu Majah No. 1434)

Perhatikan kualitas kita dalam beribadah, terutama saat melaksanakan shalat dan membaca Alquran. Jangan sampai ibadah yang tadinya berharap mendatangkan keberkahan, kemudahan, pemahaman, rahmat, ampunan dan ridhoNya, malah menjadi petaka berdampak buruk dihari kemudian karena adab dalam beribadah tidak diperhatikan.

Semoga menjadi lebih baik & lebih bermanfaat.

Robbana Taqobbal Minna.
Ya Alloh terimalah dari kami (amalan kami), aamiin.

😊❤👍

0 komentar:

Posting Komentar